GURUMESUJI.COM Tempat Berbagi Info Pendidikan Terbaru, Info Guru, Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Perangkat Mengajar, BOS, dan Info CPNS.

Jumat, 16 November 2018

Ayo Bernostalgia! Kumpulan Buku Mata Pelajaran SD Tahun 70, 80 dan 90an

GURUMESUJI.COM : Walaupun zaman telah berubah, kita sepatutnya tidak melupakan kisah-kisah semasa SD dulu. Yup, berbagai macam kenangan semasa SD dulu mungkin akan menjadi sebuah kenangan manis yang tak mungkin terlupakan, seperti siapa bapak dan ibu guru kita waktu SD, teman-teman kita, permainan apa yang sering kita mainkan semasa SD, jajanan dan yang mungkin tak terlupakan adalah buku mata pelajaran semasa SD.

Nah, disini admin ingin mengajak sahabat-sahabat yang mungkin lahir di tahun 70 an, 80 an, sampai dengan 90 an untuk mengenang kembali buku-buku mata pelajaran semasa SD dulu. Semoga foto-foto buku berikut dapat mengajak kita untuk bernostalgia dan flashback ke masa lalu.

1. Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)

Buku ini terbit disekitar tahun 1995, buku ini pengganti buku PMP (Pendidikan Moral Pancasila). PPKN buku yang berisi materi tentang mengajarkan moral, adab sopan-santun, tatakrama, tenggang rasa, saling menghargai, dan pendidikan kewarganegaraan yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.


Bagaimana kesan-kesan sahabat tentang buku ini?

2. Buku Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila)
Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (disingkat P4) atau Eka Prasetya Pancakarsa adalah sebuah panduan tentang pengamalan Pancasila dalam kehidupan bernegara semasa Orde Baru. Panduan P4 dibentuk dengan Ketetapan MPR no. II/MPR/1978. Ketetapan MPR no. II/MPR/1978tentang Ekaprasetia Pancakarsa menjabarkan kelima asas dalam Pancasila menjadi 36 butir pengamalan sebagai pedoman praktis bagi pelaksanaan Pancasila. Saat ini produk hukum ini tidak berlaku lagi karena Ketetapan MPR no. II/MPR/1978 telah dicabut dengan Ketetapan MPR no XVIII/MPR/1998 dan termasuk dalam kelompok Ketetapan MPR yang sudah bersifat final atau selesai dilaksanakan menurut Ketetapan MPR no. I/MPR/200.

3. Pendidikan Agama Islam Untuk Murid Sekolah Dasar Kelas V Tahun 1992  
Buku Pendidikan Agama Islam untuk murid Sekolah Dasar ini disusun oleh Direktur Jendral Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum Negeri dan diterbitkan oleh PT. Ahsana Indah Kitaba Jakarta tahun 1992.


4. Buku Bidang Studi Kesenian Tahun 1983/1984
Wah...wah... buku ini cukup old juga ya,  buku kesenian tahun 1983/19884 untuk siswa SD kelas 6 penerbit CV. Amalia Jakarta-Bandung. Mungkin ada dari bapak/ibu yang pernah belajar memakai buku ini? Berarti, selamat! Anda termasuk anak-anak zaman old.



 5. Buku Matematika 3b untuk SD
Duhhh... buku Matematika ini diterbitkan pas tahun kelahiran admin nih, yup...Buku Matematika terbitan tahun 1986 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Adakah dari teman-teman yang masih ingat dengan buku ini?

6. Buku Pandai Berbahasa Indonesia 6a untuk Sekolah Dasar
Buku Pandai Berbahasa Indonesia ini admin kurang tahu terbitan tahun berapa ya? Kalau menurut admin sih sepertinya sekitar tahun 90 an ke atas. Mungkin sobat-sobat masih ingat dengan buku ini?


7. Bahasa Indonesia Pedoman Guru Membaca dan Menulis Permulaan 1 
Buku yang memiliki cover gambar 3 orang anak sedang duduk dan membaca buku.  Buku ini ternyata sangat jadul juga ya! Buku Bahasa Indonesia pedoman guru membaca dan menulis ini diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 1978. Hayooo....pada ngaku, siapa yang masih ingat dengan buku ini?

Itulah tadi buku-buku pelajaran SD zaman old yang berhasil admin kumpulkan. Ternyata buku-buku tersebut tak kalah bagus kualitasnya dengan buku yang sekarang digunakan. Bahkan sudah banyak orang-orang yang sukses dan berhasil lantaran dari buku-buku tersebut. 

Semoga bermanfaat!

Share:

2 komentar:

  1. sangat memperhatinkan semua pelajaran2 buku yg hebat di ganti buku2 nggak jelas oleh kaum2 kadrun

    BalasHapus
  2. MASYAALLAH....gara2 buku nostalgia itulah yg mengantar sy hingga sy jd guru sprti skrg ini yg dpt mengajarkan membaca pd murid2ku....byk pelajaran moral yg sy dpt didlmnya...tp kini sdh diganti dg buku yg berbeda....sy sedih melihat anak2 SD skrg kebanyakan tdk sebagus dulu moralnya

    BalasHapus

Copyright © GURU MESUJI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com