GURUMESUJI.COM Tempat Berbagi Info Pendidikan Terbaru, Info Guru, Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Perangkat Mengajar, BOS, dan Info CPNS.

Selasa, 31 Maret 2020

Cara Mudah Membuat Soal Pilihan Ganda Secara Online Menggunakan Google Forms

Pemerintah menerapkan himbauan kepada seluruh siswa dan guru untuk belajar di rumah karena untuk menjaga dan meminimalisir penyebaran virus corona. Selama belajar di rumah seorang gurupun dituntut untuk membimbing pembelajaran secara daring atau online. Banyak dari bapak dan ibu guru yang telah membuat group belajar menggunakan media sosial seperti whatsapps, namun banyak juga yang bingung bagaimana cara memberikan penilaian kepada siswa. Apa harus memotret soal yang kita buat lalu dipost atau kirimkan melalui whatsapps atau menyuruh siswa mengerjakan soal yang ada dibuku mereka. Mungkin itu salah satu alternatif penilaian, tetapi saya yakin bapak dan ibu guru akan sedikit kesulitan dalam mengoreksi hasil jawaban siswa. 

Nah, berikut ini saya akan berbagi cara mudah membuat soal pilihan ganda menggunakan google froms.

Keuntungan membuat soal ini adalah :

  1. Soal bisa dikerjakan secara langsung atau online oleh siswa dan bapak/ibu tidak perlu lagi mengoreksi hasil pekerjaan siswa karena skor atau nilai sudah tertera langsung setelah siswa selesai mengerjakan.
  2. Sangat mudah digunakan. Google Form sangat mudah untuk digunakan, termasuk dalam pembuatan maupun pemakaiannya.
  3. Gratis. Anda dapat menikmati layanan Google Form secara gratis. 
  4. Programnya cukup ringan. 
  5. Bisa dibagikan.
  6. Memiliki fitur SpreadSheets.
Baiklah, kita langsung saja ke cara pembuatan soal menggunakan google forms

1.  Buka google drive anda di PC kemudian pilih BARU  (Perhatikan gambar di bawah ini) 

 


2. Berikutnya, setelah klik BARU lalu pilih LAINNYA pilih Google Formulir pilih Formulir Kosong (Perhatikan gambar di bawah ini)














3.  Yang ketiga, kita akan diarahkan ke alamat google formulir atau google forms. Nah disinilah nanti kita akan mulai membuat soal pilihan gandanya.














4.  Sebelum membuat soal kita atur dulu setelan google forms dengan klik SETELAN lalu klik UMUM - KUMPULKAN EMAIL lalu klik KUIS-JADIKAN INI SEBAGAI KUIS lalu klik SIMPAN. (Ikuti gambar di bawah ini)

















5.  Lalu silahkan klik dibagian Formulir Tanpa Judul (isi dengan judul ulangannya) lalu klik Deskripsi Formulir (isi dengan deskripsi soal). (Lihat contoh pada gambar)















6.  Kalau sudah selesai cara nomor 5, kita akan memulai menuju pembuatan soal.
Yuk perhatikan keterangan yang ada pada gambar di bawah ini!



























 6. Setelah itu klik tulisan “kunci jawaban” yang terdapat pada bagian kiri bawah.  Pilihlah jawaban yang benar dan isikan skor yang direncanakan pada bagian kanan atas.




























7. Setelah formulir selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mengirimkan kepada responden.  Apabila formulir yang dibuat adalah kuis, berarti respondennya adalah para siswa.  Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyampaikan formulir ke responden, yaitu melalui email, tautan/link, maupun melalui media sosial facebook dan twitter ataupun whatsapp.
Adapun langkah-langkahnya perhatikan gambar berikut!












Berikut ini contoh soal yang sudah dibuat dan yang sudah bisa kita kerjakan.
Bapak dan ibu silahkan coba dan ekplor lagi menu atau fasilitas yang diberikan di google forms seperti menambahkan gambar, video, membuat soal deskripsi dll.

Selamat mencoba!







loading...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © GURU MESUJI | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com